Berita
Peningkatan Mutu Fasilitator Pendampingan Buku Bacaan Literasi dan Modul Literasi Numerasi Tingkat Regional NTT dan NTB

Diunggah oleh Area Perubahan II - 06 Oktober 2022






Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemendikbudristek melalui Pusat Bahasa dan Sastra menggelar kegiatan Peningkatan Mutu Fasilitator Pendampingan Buku Bacaan Literasi dan Modul Literasi Numerasi Tingkat Regional NTT dan NTB pada Senin – Kamis, 15 – 18 Agustus 2022 di Hotel Neo Eltari Kupang, Nusa Tenggara Timur. Kegiatan ini diikuti oleh 48 peserta dari 15 kab/kota di Provinsi NTT dan 1 kabupaten di NTB.


Acara diawali dengan penyampaian laporan kegiatan oleh Koordinator KKLP Literasi, Retno Utami. Beliau menyampaikan kegiatan ini bertujuan untuk menghasilkan fasilitator pendampingan buku bacaan literasi dan modul literasi numerasi tingkat kabupaten/ gugus. Kemudian, Kepala Kantor Bahasa NTT, Elis Setiati menyampaikan sambutan dan membuka kegiatan secara resmi.


Kegiatan dilanjutkan dengan paparan kebijakan yang disampaikan oleh Kepala Kantor Bahasa NTT yaitu Program Prioritas Nasional Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa yang meliputi literasi, krida dan reksa bahasa, revitalisasi bahasa daerah, dan penginternasionalan bahasa Indonesia. Setelah penyampaian paparan dari beliau. kegiatan dilanjutkan dengan pemberian materi dari para narasumber.


Kegiatan berlangsung selama 7 Sesi utama yaitu 1: Pengenalan dan Penjenjangan Buku Bermutu, 2: Fasilitasi Pendampingan dan Pemanfaatan Buku Hibah, 3: Pengelolaan dan Penataan Buku Bermutu, 4: Membaca Nyaring, 5: Membaca Bersama, 6: Pemanfaatan Modul Literasi Numerasi, 

7: Persiapan Workshop Kabupaten, Gugus, dan Pendampingan.